Swadaya Masyarakat Mendukung Program RTLH

Swadaya masyarakat bergotongroyong membangun rumah melalui proram RTLH.


LAMPUNG TENGAH, BNNews -- Swadaya masyarakat bergotong royong bedah rumah tidak layak huni (RTLH) membantu salah satu warganya yang sedang membongkar rumah untuk dibangunkan kembali dari pembiayaan program RTLH Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah (Pemkab Lamteng).

Lokasi pemugaran di Lingkungan 1 RT 02 RW 01 Kelurahan Bandarjaya Barat Kecamatan Terbanggi Besar, Lamteng, rumah sebelumnya terlihat kumuh tidak layak huni kita rata dengan tanah.

Dikatakan Yudi anak dari Bambang Suharto pemilik rumah yang mendapatkan bantuan bedah rumah, ia amat berterimakasih atas bantuan yang diberi pemerintah.

Rumah sebelumnya tidak layak huni mulai dibangunan.

"Saya berterimakasih rumah bapak saya dapat bantuan dan masyarakat juga ramai membantu merobohkan untuk dibangunkan kembali, mereka secara sukarela memberikan tenaga dan pemikiran untuk membantu kami," ujarnya, Selasa (16/07/2019).

Untuk mempercepat pembangunan pascaperobohan rumah, ia berharap pemerintah setempat melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Permukiman (Perkim) Lamteng dapat segera merealisasikan material bangunan.

"Harapan kami, agar material bangunan agar dapat segera dikirimkan, kalau material sudah cukup semoga kan warga yang ikut membantu bisa mengerjakan apa yang bisa mereka kerjakan, material yang sudah kami terima batu bata bolong, pasir dan semen," tukasnya.

Seorang warga yang bernama Kaswadi, saat ditemui dilokasi, menuturkan, ia bersama warga lainnya juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Lampung Tengah.

"Kami senang melihat warga kami mendapatkan bantuan bedah rumah dari pemerintah, kalau berharap membangun uang sendiri, mungkin amat sulit dan jangka waktunya lama karena kebutuhan kehidupan sehari-hari harus diutamakan, jadi intinya kami sangat bersyukur dan berterimakasih kepada pemerintah Kabupaten Lampung Tengah Lampung Tengah yang telah peduli dengan warganya," ungkap Kaswadi.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang (Kabid) Dinas Perkim, Hendra Sanzaya, menjelaskan, pihaknya akan terus memenuhi material yang diperlukan warga dan kebutuhan material sudah dihitung berdasarkan kondisi rumah yang akan dibedah.

"Secepatnya material akan kami kirimkan, dan bedah rumah program RTLH ini fokus pada swadaya masyarakat,  pemerintah hanya membantu kebutuhan material namun yang terpenting bantuan bisa dilaksanakan efisien dengan pola gotong royong yang  diharapkan hasilnya maksimal," jelas Hendra melalui telepon genggamnya, Senin (15/07/2019).

Ia juga secara gamblang menyampaikan, jika material yang diterima masih terdapat kekurangan dari kebutuhan yang sudah ditetapkan maka warga bisa menyampaikan kepihaknya yang melakukan pengawasan dilapangan.

"Masyarakat bisa menyampaikan keluhan kekurangan material kepada tim pengawas kami yang ada dilapangan dan akan kami penuhi, untuk hal ini juga masyarakat bisa memanfaatkan material lama yang masih bisa dipergunakan, seperti kayu, genteng dan material lainnya," tegasnya. (bn)


Share on WhatsApp

About Bahana Nusantara

0 komentar:

Posting Komentar