Ratusan Warga Pedamaran Geruduk Kantor DPRD OKI




OKI, BNNews - Ratusan warga dari Kecamatan Pedamaran, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) yang tergabung dalam Ormas Sipil Pedamaran turun ke lapangan untuk menggelar aksi demo menuju ke kantor DPRD setempat, Selasa (13/3).

Demo itu dilakukan warga untuk mempertahankan hak mereka yaitu kawasan lahan gambut purun seluas 300 sampai 700 hektare di Desa Cinta Jaya Kecamatan Pedamaran yang telah diserobot oleh salah satu perusahaan kelapa sawit yang ada di daerah tersebut.

Diketahui gambut purun tersebut selama ini telah menjadi mata percaharian masyarakat Pedamaran untuk dimanfaatkan dan dikelola dengan dianyam menjadi tikar purun, tas purun, topi dan sebagainya sehingga bisa dijual untuk membiayai kehidupan sehari-hari masyarakat setempat.

Orasi yang dikoordinatori oleh Ketua Ormas Pedamaran Syaripudin Gusar, Erpani, serta Asmara itu menuntut DPRD OKI agar secepatnya menerbitkan perda tentang perlindungan, pengelolaan ekosistem gambut purun berbasis masyarakat dan kearifan lokal.

Kemudian juga menetapkan lahan tersebut menjadi hak kelola masyarakat dan segera mungkin untuk turun ke lapangan guna memverifikasi terkait lahan yang selama ini dikelola masyarakat yang sekarang termasuk dalam izin perusahaan sawit agar segera dikeluarkan.

Menanggapi hal tersebut Ketua Komisi III DPRD OKI, Sapredi beserta anggota Solahudin Djakfar dan Efredi Jurianto, saat rapat yang dihadiri perwakilan masyarakat Pedamaran tersebut mengatakan, pihaknya akan segera berupaya memenuhi semua keluhan masyarakat dan percayalah bahwa kami adalah wakil rakyat yang siap menyambut dan menyerap keluhan masyarakat, bahkan dalam 24 Jam.

“Kami akan segara menanggapi keluhan tersebut namun kami minta masyarakat untuk bersabar karena untuk membuat Perda dan yang lainnya membutuhkan proses serta perlu dirapatkan oleh semua dewan yang juga harus dihadiri oleh perwakilan dari masyarakat Pedamaran,” kata Efredi.

“Namun perlu masyarakat ketahui bahwa kami DPRD OKI siap 24 jam baik dihubungi lewat telepon atau pun di rumah sekalipun. Dan kami akan segera memprioritaskan dan membahas semua permasalahan ini sesegera mungkin,” tegasnya.(ukik)

Share on WhatsApp

About Bahana Nusantara

0 komentar:

Posting Komentar